http://1.bp.blogspot.com/_tQf3Civ3lMg/TSKf5EdRa6I/AAAAAAAAB_Q/FLDlXIbJbV4/s1600/ad+728x90.gif

Jumat, 29 Juli 2011

Soto Gading Solo...Nikmatnya Sampai Ke Hati

ZonaSemu,Kuah sotonya begitu bening, cobalah menyicip sedikit kuahnya tanpa tambahan sambal atau kecap, rasanya begitu smooth dan ringan. Inilah cita rasa salah satu warung soto yang sangat terkenal di Solo, Soto Gading. Dinamakan soto Gading karena memang warung soto ini terletak di kawasan Gading, sebelah selatan Alun-alun Selatan, Solo.
 http://stat.kompasiana.com/files/2010/06/20090108164906_nggadhingrame_4965cc124d88c.jpg
Di sinilah tempat SBY makan siang pada saat kampanye pilpres di Solo beberapa bulan yang lalu. Warung ini memang resikan, tak heran jika mister president pun nyaman berkudap di sini. Soto Gading juga menjadi makanan kesukaan Gesang, sang maestro keroncong, pencipta lagu "Bengawan Solo".

Meja dan kursi diatur rapi, para pelayannya begitu sigap melayani pembeli, pembeli langsung ditanyai mau makan apa, berikut minumannya. Cukup tunggu beberapa detik, makanan pun sudah terhidang di atas meja. Warung ini biasanya ramai diserbu pembeli saat pagi hari, jam sarapan.

Soto Gading memang lebih terkenal dengan soto ayamnya, meskipun sebenarnya warung ini juga menawarkan menu lainnya. Isi sotonya terdiri dari suwiran daging ayam, soun, irisan tipis kentang yang digoreng, lalu di atasnya ditaburi daun seledri dan bawang merah goreng. Seperti yang tadi disebutkan di awal, kuahnya memang ringan di lidah, kalau Anda menginginkan rasa yang lebih nendang, boleh tambahkan sambal, kecap manis, dan perasan jeruk nipis.

Berbagai macam lauk siap mendampingi soto ayam ini, semoga Anda tidak bingung memilih yang mana, karena memang banyak sekali pilihannya, mulai dari sosis basah ala Solo, tempe dan tahu goreng, galantin, bermacam jeroan sapi, empal daging, sate usus ayam, sate telur puyuh, perkedel, dan masih banyak lagi. Harga lauknya sendiri malah ada yang lebih mahal dari soto sebagai makanan utamanya, misalnya empal daging, harganya Rp 10.000, sedangkan lauk yang paling murah harganya Rp 1.000. Tidak hanya lauk untuk soto saja, warung ini juga menawarkan panganan lain seperti kroket, prastil, bakwan, risoles, onde-onde, rambak kulit, intip, dan lain-lain.

Cita rasa teh panas yang ditawarkan di warung ini juga nikmat, tidak terlalu kental memang, tapi sepetnya benar-benar pas, tidak kalah jika dibandingkan dengan cita rasa teh ala wedangan atau angkringan.
Satu mangkok nasi soto harganya Rp 6.000, sedangkan soto dengan nasi yang dipisah harganya Rp 9.000. Soto Gading beralamat di Jl. Brigjen Sudiarta no. 75, Gading, Solo. Buka dari jam 05.30-15.30.
Jangan Lupa Di Like Ya Gan...


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar