Rabu, 21 September 2011

Cara Membedakan ES Batu Dari Air Mentah dan ES Batu dari Air Masak

Dari hasil pemantauan saya 90% warga yang berbuka puasa akan mencari makanan dan minuman dingin. Sehingga hamper semua jajanan makanan buka puasa dijual dalam keadaan dingin.

Bagi teman-teman yang memiliki alat pendingin (kulkas) di rumah bukanlah masalah untuk membuat makanan dan minuman yang dingin, tinggal masukkan saja di kulkas kan?. Alternatif lain biasanya adalah dengan menggunakan ES batu. Bisa dibeli diwarung-warung dekat rumah.

Tahukah teman-teman kalau ada juga ES batu yang dibuat dari air mentah? Sehingga kemungkinan kita dapat terkena akteri E.Coli bila mengonsumsinya.

Supaya teman-teman semua isa tetap sehat saat berbuka, kali ini saya akan memberitahukan cara membedakan es vatu yang berasal dari air mentah dan dari air dingin.

A. Ciri-ciri es batu yang terbuat dari air mentah:
1. Biasanya esnya berwarna putih, warna putih ini berasal dari udara yang terperangkap di dalam air, udara tersebut tidak bisa keluar dari air karena tidak dipanaskan/tidak dimasak.

2. Setelah mencair biasanya akan terdapat banyak kotoran di termos tempat penyimpanan batu tersebut. Hal ini dapat terjadi karena biasanya air yang akan dibekukan berasal langsung dari pipa-pipa air sumur atau yang lainnya.
3. Berikut ini gambar Es batu yang terbuat dari air mentah

Es batu berwarna putih
B. Ciri-ciri es batu yang terbuat dari air masak

1. Biasanya Esnya akan bening karena kurang mengandung udara di dalam air. Udara tersebut telah hilang pada saat air tersebut dimasak. Sifat udara adalah menguap bila dipanaskan.

2. Biasanya sisa-sisa es ini akan bersih bila telah mencair . Air yang dimasak walaupun kotor pasti akan di diamkan terlebih dahulu sampai dingin baru dibuat menjadi es. Kotoran yang terdapat pada air otomatis akan mengendap dan tidak ikut menjadi ES batu.
3; Berikut ini gambar Es batu yang terbuat dari air masak

Es dari air masak terlihat lebih bening

Itulah 2 cara membedakan es batu yang dibuat dengan air mentah dan es batu yang yang dibuat dari Air masak. Kalau teman-teman punya cara lain untuk membedakannya silahkan berbagi di kotak komentar
[melorot.blogspot.com]

Jangan Lupa Di Like Ya Gan...




http://fashingnet.com/

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar