http://1.bp.blogspot.com/_tQf3Civ3lMg/TSKf5EdRa6I/AAAAAAAAB_Q/FLDlXIbJbV4/s1600/ad+728x90.gif

Rabu, 21 September 2011

Riset : Ponsel Pintar dan Tablet Jadi Primadona

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4f/Tablet.jpg/300px-Tablet.jpg
ZonaSemu, Perusahaan informasi dan pengukuran global, Nielsen, mengungkapkan data terbaru tentang kebiasaan masyarakat Asia Tenggara dalam mengakses Internet. Data tersebut menunjukkan penggunaan perangkat mobile semakin menjadi pilihan dalam mengakses Internet.

Popularitas perangkat Internet multimedia yang tumbuh secara eksponensial telah mendorong penggunaan web melalui perangkat nonkomputer pribadi. Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet kemudian menjadi alternatif pilihan di samping komputer pribadi.

Data Nielsen mengungkapkan walaupun komputer pribadi tetap menjadi sarana utama untuk mengakses Internet bagi pengguna di Asia Tenggara, yaitu sebesar 94 persen, sudah terdapat keinginan untuk beralih pada perangkat alternatif. Ada empat persen yang mengatakan bahwa ponsel mereka adalah perangkat utama untuk mengakses Internet.

“Konsumen di Asia Tenggara dengan cepat mengadopsi teknologi baru seperti smartphone dan tablet yang dapat menyediakan akses Internet di mana saja," kata Matt Bruce, Nielsen’s Managing Director untuk Audience Measurement, dalam keterangan tertulis pada Selasa, 20 September 2011.

Penggunaan perangkat portabel untuk mengakses Internet akan terus meningkat di masa mendatang. Enam puluh satu persen pengguna Internet berencana mengakses Internet melalui ponsel dalam 12 bulan ke depan, dan satu dari tiga pengguna berniat mengakses Internet melalui perangkat genggam multimedia lain seperti tablet.

Pada akhir 2010, Nielsen memperkirakan penetrasi smartphone di kalangan netizen di Asia Tenggara telah tumbuh sekitar 20 persen. Di samping itu, satu dari dua pengguna Internet di Asia Tenggara yang belum memiliki smartphone pada akhir tahun 2010 berencana membeli smartphone pada 2011. Walhasil penggunaan smartphone sebagai mobile Internet diperkirakan akan meningkat, terutama jika tawaran data plan dari penyedia layanan menjadi lebih terjangkau.

Melihat kondisi tersebut, Bruce mengatakan Windows masih tetap menjadi sistem operasional yang paling digemari, mengingat saat ini akses Internet masih banyak dilakukan melalui komputer pribadi. Namun jika penggunaan smartphone atau tablet terus meningkat, sistem operasi seperti IOS dan Android akan mengambil pasar Windows dalam lalu lintas situs.

Menurut Bruce, meningkatnya kepemilikan perangkat mobile untuk akses Internet akan memainkan peranan penting dalam aktivitas konsumen Internet. “Dan klien kami semakin perlu untuk mengukur proporsi lalu lintas dari web mereka yang berasal dari perangkat selain komputer pribadi,” kata dia.

Bruce mengungkapkan kondisi tersebut harus segera diantisipasi oleh bisnis konten seperti pemilik media. Pemahaman terhadap jenis perangkat dan sistem operasi yang akan digunakan konsumen untuk mengakses situs web merupakan hal yang penting. “Itu untuk memastikan bahwa konten yang disediakan telah sesuai dengan konsumen,” katanya.

Nielsen juga baru saja mengumumkan pembaruan layanan website-tagging, Market Intelligence, yang memungkinkan pemilik situs untuk pertama kalinya memantau lalu lintas situs berdasarkan jenis perangkat.

Layanan terbaru Nielsen ini akan melaporkan ruang ultra-competitive operating system (OS) yang akan membandingkan Microsoft Windows OS dengan sistem lainnya seperti Mac OS, iOS (sistem operasi yang digunakan pada iPhone Apple dan iPad), dan Android.tempointeraktif.com

Jangan Lupa Di Like Ya Gan...


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar