Jumat, 14 Oktober 2011

Ayo Siapkan Diri Jelang UAS!

ZonaSemu, AMERIKA SERIKAT – Setiap orang punya cara unik untuk mempersiapkan diri menjelang Ujian Akhir Semester (UAS).
Namun, ada beberapa metode belajar yang lebih efisien dibandingkan yang lain. Metode yang tidak efisien akan berakibat buruk untuk nilai akhirmu. Pasalnya, persentase nilai UAS lebih besar dibandingkan Ujian Tengah Semester (UTS), absensi, dan tugas kuliah.
  http://i.okezone.com/content/2011/10/13/373/514957/JyQkDlv08w.jpg
Lantas, bagaimana caranya agar kamu meraih nilai UAS yang memuaskan? Berikut tips mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS seperti dikutip dari Campus Grotto, Jumat (14/10/2011).

Buat Prioritas
 
Biasanya, menjelang UAS ada banyak tugas yang harus dikumpulkan. Karena itu, tuntaskan semua tugas yang akan mempengaruhi nilaimu. Kemudian, buat daftar hal yang paling penting, apa saja yang harus kamu kerjakan dan pelajari. Jika tidak memiliki daftar rencana, kamu bisa salah mengelola waktu belajar. Pahami dengan baik nilai yang kamu harapkan dari tiap mata kuliah. Hal ini akan sangat berguna menjelang UAS karena kamu tahu nilai berapa yang kamu inginkan.
 
Jangan gagal di masa lalu
 
Jika kamu ketinggalan materi yang harus dibaca, maka menjelang UAS materi yang harus kamu baca akan ‘menumpuk’. Karena itu, pastikan kamu mempelajari materi kuliah pada saat pertama kali diajarkan. Ini berguna agar kamu tidak perlu kembali ke halaman awal dan meninjaunya. Bahkan terkadang, meski kamu sudah memperhatikan dengan baik apa yang harus dilakukan di kelas, kamu dapat melupakan beberapa bacaan wajib.

Studi Lingkungan
 
Kamu dapat meraih waktu belajar yang berkualitas meski tidak belajar di rumah. Karena itu, hilangkan gangguan suara bising dan belajarlah selama siang hari. Ini akan membuat kamu lebih waspada dan meningkatkan efisiensi ketika belajar.

Atur waktu belajar
 
Bersiaplah untuk belajar insentif secara serius dan rencanakan waktunya. Belajarlah pada saat waktu yang tepat dengan dirimu. Beberapa orang memiliki banyak energi pada siang hari, sementara yang lain kebalikannya. Karena itu, cari tahu apa yang terbaik untuk kamu dan dedikasikan diri untuk belajar.

Bertanya ke Dosen

Temui dosenmu saat jam kerja. Banyak mahasiswa yang malas menemui pengajarnya saat jam kerja. Padahal, dosen merupakan sumber yang tepat untuk bertanya mengenai materi kuliah.

Selain itu, gunakan beberapa alat bantu untuk belajar. Kamu bisa menggunakan catatan kuliah, tes pada masa lalu, dan bahan materi dari dosen. Cari juga teman belajar. Pilih satu orang yang kamu nilai pintar di kelas. Ajak dia bergabung dan belajar bersama menjelang ujian.

Pekan UAS mungkin akan menjadi pekan yang berat bagimu. Tapi pahamilah, saat UAS berakhir, kamu akan merasa sangat senang. Inilah salah satu alasan mengapa setelah UAS, kampus akan libur panjang. Pasalnya, masa UAS penuh dengan perjuangan. Selamat belajar


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar