Sabtu, 24 September 2011

5 HAL YANG MERUSAK PERSAHABATAN

Kecemburuan terhadap satu sama lain, bisa memicu persahabatan yang tidak sehat

Hidup akan lebih indah dengan persahabatan yang solid seperti dalam film Sex and The City. Anda bisa berbagi hal apapun, bersenang-senang, bahkan menangis bersama sahabat. Namun yang perlu disadari, tidak selamanya persahabatan menjadi hal yang sempurna. Ketika suatu hubungan melibatkan dua orang atau lebih dengan sifat yang berbeda, maka pasti ada dinamika yang bisa menguntungkan atau merugikan semua pihak. 

Beberapa hal yang tak diinginkan bisa saja terjadi dalam persahabatan. Rasa takut kehilangan, bahkan persaingan antarsahabat, tak ayal bisa membuat persahabatan menjadi tidak sehat. Maka, untuk memelihara agar persahabatan Anda tetap sehat, cari tahu beberapa hal negatif yang dapat mengacaukan hubungan persahabatan.

Kecemburuan. Sebenarnya sifat ini sangat normal dialami semua orang. Mungkin saja Anda cemburu terhadap sahabat Anda yang punya pekerjaan lebih baik, atau memiliki kekasih yang hebat. Namun, ketika rasa cemburu berubah menjadi iri hati, berarti persahabatan mulai berjalan ke arah yang kurang baik. Maka lepaskanlah rasa iri hati, dan cobalah untuk ikut berbahagia atas segala hal yang baik yang diterimanya. Ketika Anda bisa melakukan ini, maka hal-hal positif akan Anda alami dan menjadi tanda bahwa Anda adalah orang hebat yang bisa mempertahankan persahabatan.

Sinis. Meskipun kejujuran adalah hal yang penting dalam persahabatan, namun jika komunikasi datang dengan cara yang sinis, meremehkan, atau bahkan menyakitkan, maka ada hal yang tidak beres dalam persahabatan. Berkomunikasilah satu sama lain dengan jujur dan terbuka, serta dengan saling menghormati. Jika Anda mendapati teman Anda secara konsisten terus "menyerang" Anda dengan komentar-komentar yang menjatuhkan Anda, ada kemungkinan ia merasa tak nyaman dengan Anda atau dengan dirinya sendiri. Memojokkan Anda membuat dirinya merasa lebih baik. 

Egois. Akan ada saatnya, Anda membutuhkan teman Anda sekadar untuk bercerita ataupun meminta bantuannya. Namun, jika persahabatan Anda selalu berputar di sekitar kehidupan teman Anda dan kebutuhannya, artinya ia hanya memedulikan apa yang terjadi pada dirinya. Seharusnya persahabatan harus saling memberi dan menerima. 

Selalu negative thinking. Berpikirlah ulang jika dasar persahabatan Anda adalah karena kesamaan nasib, misalnya karena merasa benci dengan pekerjaan atau perusahaan. Atau punya kesamaan dalam hal-hal negatif, misalnya gemar membicarakan orang lain. Hal ini tidak akan berjalan dengan baik, dan bukan merupakan landasan yang baik untuk persahabatan Anda. Persahabatan harus memiliki kekuatan positif di dalamnya. 

Selalu menghakimi. Penghakiman dalam persahabatan bisa menggerogoti persahabatan, kepercayaan diri, sekaligus kepercayaan Anda kepada sahabat. Sahabat Anda harus bisa menerima keputusan, pandangan, atau kebutuhan Anda, dan tidak boleh memaksakan pandangan dan persepsi mereka sebagai yang paling benar. Sahabat yang baik harus membiarkan diri Anda jujur pada diri sendiri.

[Sumber: Female.Kompas]

Jangan Lupa Di Like Ya Gan...




http://fashingnet.com/

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar