Kamis, 15 September 2011

Ini Dia Mobil Masa Depan Mercedes-Benz

ZonaSemu, Pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2011 yang berlangsung 13 - 25 September bagi Mercedes-Benz bukanlah sekadar ajang pamer produk. Namun, bagi produsen mobil mewah asal Stuttgart, Jerman, itu gelaran itu juga menjadi wahana untuk menyampaikan visi masa depan pabrikan dalam menciptakan produk ciptaannya.


 http://www.speedlux.com/wp-content/uploads/2011/09/2011-Mercedes-Benz-F125-Hydrogen-Gullwing-Concept-1-651x433.jpg
Seperti dilansir autocar.co.uk dan autoevolution.com, Rabu, 14 September 2011, di gelaran itu Mercedes memperkenalkan sebuah konsep masa depan, Mercedes F 125. "Saloon mewah bertenaga listrik dari solar cell dengan bahan bakar hydrogen ini dibuat sebagai penanda perayaan hari jadi ke-125 perusahaan," demikian bunyi pernyataan pabrikan itu.

Tentu, sebagai produk khusus, mobil itu dibangun teknologi yang khusus pula. Empat buah motor listrik bernama e4MATIC modular yang diusungnya mampu menyemburkan tenaga hingga 313 daya kuda. 

Berbekal tenaga sebesar itu, mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 4,9 detik. Akselerasi itu diklaim lebih cepat ketimbang akselerasi Mercedes Benz S600 yang menggunakan mesin 5.500 cc V12.

Bahkan, berkat tenaga itu pula, F125 itu mampu melesat hingga 220 km/jam. Namun, meski bertenaga besar dengan kecepatan dahsyat, namun tetap irit bahan bakar. Mercedes menyebutnya, konsumsi hydrogen mobil itu hanya satu liter untuk jarak 44 kilometer.

Daya tarik lainnya adalah, rancang bangun mobil yang digunakannya. Pintu misalnya, menggunakan pintu Gullwing atau sayap burung camar seperti yang digunakan Mercedes SLS Gullwing. "Tetapi, secara keseluruhan bentuknya berbeda dengan SLS Gullwing," sebut pernyataan Mercedes.

Satu diantara pembeda itulah adalah sumbu roda dan overhang yang lebih pendek. Panjang mobil ini juga lebih pendek 97 milimeter (mm) dan lebih pendek 50 mm. Adapun bobotnya, diklaim lebih ringan 135 kilogram, sehingga total beratnya tak lebih dari 1 ton.

"Model F125 ini merupakan saloon mewah, yang jembar, nyaman, aman serta ramah lingkungan merupakan perwujudan dari cita-cita Mercedes-Benz," papar Thomas Weber, Kepala Riset dan Pengembangan Mercedes-Benz.

Hanya, belum diproduksi dalam waktu dekat. Rencananya, diproduksi pada tahun 2025 mendatang.
Jangan Lupa Di Like Ya Gan...


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar