Sabtu, 27 Agustus 2011

Komik Superman Laku Rp 9,32 Miliar

http://www.huffingtonpost.com/huff-wires/20090314/superman-first-issue/images/9d0ec8c4-c076-407e-83ce-63693ecf7e01.jpg

Inilah berkah dari menyimpan barang peninggalan lama. Bila dijual saat ini, harganya melambung tinggi.

Di Amerika Serikat, sebuah buku komik yang menampilkan Superman laku dijual seharga US$1 juta (sekitar Rp 9,32 miliar). Buku itu begitu berharga dan langka karena kini tak ada yang menjual.

Maklum, buku itu terbitan tahun 1938 saat Superman pertama kali diperkenalkan. Dengan demikian, buku tua itu menjadi komik termahal yang pernah dijual.

Serial Action Comics No.1 itu dijual melalui suatu lelang lewat internet, Senin 22 Februari 2010. Transaksi dilakukan oleh laman lelang ComicConnect.com. Juru lelang adalah Stephen Fishler, salah satu pemilik CommicConnect.com dan Metropolis Collectibles.

Menurut Fishler, harga asli komik itu hanya 10 sen. Penjualnya adalah seorang "individu terkenal" di New York, sedangkan pembelinya adalah seorang yang dulunya dikenal juga berani membeli buku komik kuno dengan harga tinggi.

Komis serial pertama Superman itu langsung mendapat antusiasme banyak peminat begitu lelang online dibuka pada Senin pagi pukul 10.30 waktu New York. "Komik itu dipandang banyak orang sebagai buku yang sangat penting," kata seorang penggemar dan distributor komik, John Dolmayan.

Dolmayan, yang dikenal sebagai drummer grup metal System of a Down, mengaku tahun lalu berhasil memenangkan lelang sebuah buku komik dengan harga US$317.000 (sekitar Rp 2,95 miliar). Komik itu dia teruskan kepada seorang klien.

Menurut Dolmayan, komik dalam lelang kemarin itu pantas dihargai sangat tinggi lantaran kondisinya masih sangat bagus. Komik Superman itu masuk dalam katagori 8, kualitas fisiknya masih tergolong bagus kendati tidak sempurna atau bernilai 10.

"Buku itu tampaknya belum pernah dibuka dan masih berkualitas nomor 8. Ini ibarat menemukan sebuah permata atau batu berharga, susah didapat," kata Dolmayan.

Menurut pemerhati komik, kini hanya terdapat 100 eksemplar buku Action Comics No.1 dan sulit ditemukan di toko-toko biasa.
sumber: vivanews.com
ZonaSemu,

Jangan Lupa Di Like Ya Gan...


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar